Petugas PLN saat melakukan perbaikan dipanel kubikel coupling di PLTD Bukit Carok.

batampos.co.id – Pemadaman listrik selama delapan jam sejak Kamis sore (28/3/2019) hingga Jumat (29/3/2019) lalu, disebabkan panel kubikel coupling PLTD Bukit Carok mengalami kerusakan. Akibatnya, alat pengendali, penghubung, dan pelindung itu, tidak bisa membagi sumber tenaga listrik.

Pemadam pertama berlangsung pukul 17.30 WIB. Meski listrik sempat nyala, namun tidak berlangsung lama. Aliran listrik milik PLN kembali padam, dan berlangsung hingga Jumat (29/3/2019) sekitar pukul 01.30 WIB.

“Kami mohon maaf atas tidak kenyamanan ini. Terutama kepada pelanggan PLN di Pulau Karimun besar. Dan kita sudah berusaha semaksimal mungkin meminimalisir perbaikan yang terjadi kerusakan di PLTD Bukit Carok,” jelas Manager PT PLN ULP rayon Tanjungbalai Karimun, Crisman Ariando.

Di sisi lain, Crisman membantah jika pemadaman yang terjadi karena adanya pelaksanaan MTQ. Sebab, untuk jalur MTQ sudah dipersiapkan secara terpisah, dan ditambah cadangan genset yang cukup memenuhi kebutuhan daya listrik MTQ.

“Tidak ada hubungannya pemadaman listrik dengan pelaksanaan MTQ. Yang jelas, ada gangguan di mesin PLTD dengan beban puncak mencapai 27.75 megawatt. Meski bgeitu, kita masih surplus sekitar 2,5 megawatt,” bebernya.

Pemadaman listrik yang panjang, dan berulangkali, sangat dikeluhkan warga. Selain sangat mengganggu aktivitas masyarakat, juga tidak ada pemberitahuan secara resmi dari PLN. Sehingga warga mencurahkan kekesalan melalui medsos.

“Baru setrika sebentar, listrik sudah mati lagi. Berapa kali mati lampu, terpaksa nyetrika tidak dilanjutkan. Mana panasnya minta ampun, tidur saja berkipas kasihan anak-anak,” keluh Dina, salah seorang ibu rumah tangga.

Sementara dari arena MTQ di Coastal Area aliran listrik sempat terganggu beberapa menit. Namun, kembali normal setelah panitia menghidupkan genset yang berada diseberang jalan.

“Alhamdulillah, walaupun ada ganggu sedikit sudah diatasi dengan cepat. Jadi tidak terlalu signifikan, pelaksanaan MTQ tetap berjalan seperti biasa,” kata Arpan Camat Karimun sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Kabupaten Karimun. (tri)