foto SANDI
Pemeriksaan pasukan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Kapolres AKBP Hengky Pramudya saat gelar apel pengamanan pemilu di Coastal Area., Jumat (22/3/2019.

batampos.co.id – Polres Karimun melaksanakan gelar apel pasukan di Coastal Area, Jumat (22/3/2019). Apel dalam rangka persiapan pengamanan pemilu itu, melibatkan satuan dari TNI, Bea dan Cukai (BC), Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), BNN Karimun, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran. Sinergitas TNI-Polri dengan komponen bangsa terus ditingkatkan guna terwujudnya keamanan dalam negeri yang kondusif.

“Apel yang kita gelar pagi ini, untuk mengecek seluruh kesiapan jajaran tingkat kabupaten dalam menghadapi pengamanan kampanye terbuka, dan pengamanan jelang hari H pemungutan suara. Termasuk sebagai bentuk mengecek kesiapan Polri dalam mengamankan Pileg dan Pilpres 2019,” ujar kapolres Karimun, AKBP Hengky Pramudya.

Sesuaid amanat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Meko Polhukam), yang menjadi perhatian adalah memberantas berita atau informasi hoaks yang beredar di media sosial. Untuk itu, tidak hanya patroli darat yang dilakukan, tapi juga melakukan patroli di dunia maya.

“Untuk Kabupaten Karimun, patroli atau pemantauan media sosial sudah dilakukan sejak lama. Hal ini kita lakukan jangan sampai ada berita bohong, atau fitnah serta ujaran kebencian yang muncul. Sehingga, tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” paparnya.

Seandainya, lanjut Kapolres, jika ada pengguna media sosial mengetahui munculnya suatu informasi yang dapat memancing keributan, maka dapat dilaporkan ke pihak berwajib. Tujuannya, jangan sampai ada masyarakat di Kabupaten Karimun menjadi penyebar berita-berita hoaks.

“Yang pasti, pengamanan Pemilu dan Pilpres 2019, tidak hanya peran aparat Polri dan TNI. Tapi, juga tugas semua lapisan masyarakat,” ingat Kapolres. (san)