f.humas
Bupati Aunur Rafiq ditengah-tengah atlet O2SN Korwil Kecamatan Kundur Ungar.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Kabupaten Karimun, Rabu ( 20/3/2019) sore di lapangan Sepakbola Teluk Air. Sebanyak 175 atlet usia sekolah dasar, dan sekolah menengah, bersaing menjadi yang terbaik di O2SN yang berlangsung hingga Jumat (22/3/2019).

Rinciannya, atlet tingkat SD sebanyak 70 orang, dan atlet SMP sebanyak 105. Peserta dari utusan korwil kecamatan ini bersaing di lima cabang olahraga. Diantaranya renang, silat, karate, atletik dan bulu tangkis.

Bupati dalam sambutannya berharap, melalui O2SN dapat membentuk generasi muda yang memiliki intergritas. Baik sebagai seorang atlet olahraga, dan menjunjung nilai-niai sportivitas, persahabatan, persaudaraan selama bertanding.

“Tak kalah pentingnya, tentunya peran siswa dalam mengukur kemampuan sebagai seorang atlet berbakat yang lahir dari sekolah,” tutur Rafiq.

Di sisi lain, Rafiq menerangkan, pembinaan dan pengembangan olahraga melalui O2SN termasuk dalam empat pilar kebijakan pembangunan pendidikan nasional. Yang diantaranya meliputi olah hati, olah rasa, dan olahraga.

“Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat menumbuhkan sprotifitas, persahabatan dan persaudaraan, karakter serta watak bangsa,” ucapnya.

Sementara Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter Dinas Pendidikan Karimun, Triono menyebutkan, O2SN dilaksanakan dalam mempersiapkan atlet berprestasi sejak usia sekolah. Selain itu, sebagai tolok ukur pembinaan dan pengembangan olahraga di lingkungan SD serta SMP.

“Selain mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga, juga mencari bibit atlet berprestasi sejak usia sekolah tingkat SD serta SMP di Kabupaten Karimun,” paparnya. (enl)