foto.imam
Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama Dirut PT Saricotama Indonesia memotong pita tanda mulainya ekspor perdana bungki kelapa di Kundur.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq, melepas kapal ekspor bungki kelapa ke Malaysia, Rabu (20/3/2019). Bungki kelapa dikelola PT Saricotama Indonesia di Sengkoh Kelurahan Tanjungbatu Kundur.

Ekspor perdana sebanyak 45 ton berupa bungkil kelapa, dan air kelapa. Nilai ekspor bungki kelapa ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Bupati Karimun Rafiq mengapresiasi aktivitas ekspor komoditi bungkil kelapa dari Tanjungbatu. Bentuk apresiasi pada PT Saricotama Indonesia dengan memberikan penghargaan sebagai eksportir inspiratif. Karena telah mempu menciptakan sinergitas bisnis dengan petani, dan mengembangkan industri kecil menengah (IKM).

“Hadirnya PT Saricotama Indonesia dalam eskpor bungki kelapa di Tanjungbatu, sangat membantu perekonomian masyarakat. Dengan adanya perusahaan ini bisa menyerap ratusan tenaga kerja dan meningkatkan rasa optimisme petani kelapa,” kata Rafiq.

Sementara Kepala Bidang Pusat Kepatuhan Badan Karantina Pertanian, Guntur menyampaikan, pihaknya memiliki program pendampingan yaitu program Agro Gemilang 2019. Melalui program agro gemilang, ekspor produk pertanian oleh generasi melineal dapat meningkatkan volume, variasi produk, dan meluaskan negara tujuan eskpor.

Direktur utama (Dirut) PT Saricotama Indonesia Suhermanto menyebutkan dalam sepekan dapat mengekspor 60 ton daging dan air kelapa segar. Untuk saat ini PT Saricotama Indonesia sifatnya masih menampung kelapa dari petani dan belum memiliki lahan kelapa inti.

“Ke depan, perusahaan akan mengembangkan perkebunan kelapa inti sehingga dapat memenuhi permintaan pasar,” tuturnya. (ims)