batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Kesehatan akan mendaftarkan 28.438 warga kurang mampu sebagai peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Data tersebut sudah terverifikasi dari Dinas Sosial.

“Dengan data ini, segera kita usulkan ke BPJS. Sebelum akhir bulan ini, ada seribuan lebih yang kita usulkan dulu,” ujar Kepala Dinkes Kabupaten Karimun, Rahmadi, Senin (18/3/2019).

Penggunaan BPJS untuk warga tidak mampu disebabkan Pemerintah Kabupaten Karimun tidak lagi mengeluarkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Saat ini, kata Rahmadi, sudah ada 2,619 orang yang memiliki kartu BPJS Kesehatan.

“Tidak ada lagi SKTM maupun Jamkesda ini, berlaku di seluruh Indonesia. Makanya, masyarakat yang tidak mampu dibantu dengan BPJS Kesehatan,” paparnya.

Anggaran untuk membayar BPJS kesehatan bagi warga tidak mampu, ditanggung pusat (APBN), dan APBD. Untuk 28.438 warga yang sudah terverfikasi nanti, sumber pembayarannya dari APBD 2019. Dan warga yang iuran BPJS Kesehatan ditanggung pemerintah, mendapatkan layananan fasilitas kesehatan kelas tiga. (san)