f.BNNK.
Kepala BNNK Karimun Ahmad Soleh menyerahkan sertifikat dan Pin Relawan Anti Narkotika kepada peserta asistensi, Selasa (12/3/2019).

batampos.co.id – Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Karimun, mencanangkan Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, dan Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat menjadi role model Desa Bersinar (Bersih Narkoba). Pencanangkan Desa Bersinar sesuai UU Desa nomor 6 tahun 2014 bahwa setiap desa wajib menciptakan ketertiban, dan ketenteraman masyarakat. Termasuk dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayahnya.

Guna mewujudkan desa terbebas dari peredaran narkotika, BNNK Karimun menggelar giat Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkotika (Bang Wawan) yang diikuti 30 peserta dari kedua desa tersebut. Kegiatan dipusatkan di ruang pertemuan Hotel Aston Tanjungbalai Karimun, Selasa (12/3/2019) lalu.

Loading...

“Pencanangan Desa Bersinar juga termasuk dalam upaya ikut mensukseskan program Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba (Bang Wawan),” kata Kepala BNNK Karimun, Ahmad Soleh di hadapan peserta asistensi.

Pada kesempatan itu, BNNK Karimun juga memberikan pembekalan materi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada calon Relawan Anti Narkoba pada kelompok masyarakat. Mereka merupakan perwakilan dari desa, BPD, tokoh masyarakat, pengurus PKK kecamatan/desa, dan pendamping desa.

“Desa harus ambil bagian dalam menangani permasalahan narkoba di wilayahnya. Bila perlu, masukkan untuk pemberdayaan masyarakat terkait kampanye stop narkoba dalam anggaran perubahan APBDes,” tegas Soleh.

Dalam sambutan awalnya, Ahmad Soleh turut memaparkan latar belakang program, dan wujud implementasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba.

Pemerintah mendukung akan pentingnya peran serta lingkungan masyrakat desa dalam upaya pemberantasan narkotika. Termasuk mengpresiasi upaya BNNK membentuk Desa Bersinar.

“Memang, peran masyarakat desa sangat penting dalam memberantas peredaran narkotika di wilayahnya. Dan kami dari pemerintah setuju jika memang ada pencanangan Desa Bersinar,” ungkap Alfian S.Pi mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karimun.

Sementara Kasi P2M BNNK Karimun Tsaniya Azmi memberikan pembekalan materi terkait tugas, dan fungsi relawan anti narkoba. Termasuk rencana aksi untuk menciptakan Desa Bersinar.

“Relawan Anti Narkoba memang diharapkan menjadi pelopor dalan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di wilayahnya. Selain mensukseskan program Bang Wawan, juga mewujudkan Desa Bersinar,” papar Tsania.

Loading...