f.HUMAS.
Wakil Bupati Anwar Hasyim memukul gong tanda resmi dibukanya Musrenbang Kabupaten Karimun tahun 2019.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq secara resmi membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) tahun 2019, Rabu (13/3) lalu. Kegiatan yang dihadiri Direktur BPN/BAPPENAS RI, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepri ini, guna menentukan arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2020 mendatang.

Sebanyak 215 peserta mengikuti Musrenbang yang berlangsung hingga Jumat (15/3). Tampak hadir saat pembukaan diantaranya Wakil Bupati Anwar Hasyim, Sekretaris Daerah, anggota DPRD Karimun, anggota DPRD Provinsi Kepri, FKPD Karimun, serta OPD Karimun.

Loading...

Bupati Aunur Rafiq menyampaikan, musrenbang Kabupaten Karimun sebelumnya telah dirumuskan pada musrenbang tingkat desa/kelurahan, dan kecamatan yang terlebih dahulu dilaksanakan. Dengan harapan dapat memenuhi kriteria pendekatan perencanaan partisipasif yaitu proses perencanaan yang melibatkan semua pihak yang berkempentingan terhadap pembangunan.

“Kita harapkan dapat merangkul seluruh aspirasi serta menimbulkan rasa memiliki terhadap program kegiatan yang akan dirumuskan,” ungkap Rafiq.

Dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Bupati berharap benar-benar memperhatikan pencapaian sasaran pembangunan yang ditargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Tujuannya, agar sasaran pembangunan yang telah tercapai selama tiga tahun kebelakang dapat terus berlanjut.

“Target akhir, seluruh sasaran yang telah ditetapkan pada akhir masa perencanaan tercapai,” papar Bupati.

Adapun program-program prioritas pembangunan yang dilaksanakan tahun 2020 diantaranya, pemerataan infrastruktur, dan kelestarian lingkungan hidup. Kemudian, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Juga peningkatan tata kelola birokrasi yang baik,

Program selanjutnya, pengembangan investasi, dan ekonomi kerakyatan. Termasuk Peningkatan nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan serta pengembangan pariwisata. (enl)

Loading...