Kepala KSOP saat meninjau pengukuran kapal di Kecamatan Buru.

batampos.co.id – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun bakal menerbitkan Pas Kecil bagi kapal nelayan di bawah tujuh GT. Tujuan penerbitan pas kecil untuk meningkatkan aspek keselamatan pelayaran sekaligus mengedukasi para nelayan tradisional.

Kecamatan Buru menjadi percontohan pertama kegiatan gerai percepatan penerbitan pas kecil kapal di bawah 7 GT di Kabupaten Karimun. Sosialisasi sekaligus pengecekan kapal sebelum penerbitan pas kecil dilaksanakan selama tiga hari. Dan KSOP menurunkan enam orang tim pengukur, dan pengecekan keselamatan kapal.

Loading...

“Untuk Kecamatan Buru ada sekitar 150 kapal yang sudah terdaftar. Nantinya, kapal-kapal itu akan diukur, dan dicek untuk penerbitan pas kecil yang nantinya akan dibebaskan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP),” ungkap Kepala KSOP Kelas 1 Tanjungbalai Karimun, Junaidi, Rabu (13/3/2019).

Pengecekan serta pengukuran kapal- kapal berukuran di bawah 7 GT, sekaligus untuk memverifikasi ukuran kapal tradisional. Termasuk sebagai proses sertifikasi, dan status hukum kapal.

“Artinya, secara administratif kapal-kapal nelayan yang telah diukur, dan memiliki pas kecil, terdaftar di KSOP Tanjung Balai Karimun. Dan apabila terjadinya sesuatu hal kepada mereka, mudah untuk mengetahuinya,” ucap Junaidi.

Sementara salah seorang nelayan Jono memngaku, pengukuran serta pengecekan alat keselamatan kapal baru pertama kali dilakukan. Padahal dirinya sudah 20 tahun berprofesi sebagai nelayan.

“Sejak saya menjadi nelayan 20 tahun lalu, baru kali ini kapal saya diukur dan dicek,” terangnya.

Namun begitu, Jono sangat menyambut baik apa yang dilakukan KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun. Selain untuk membedakan GT kapal, juga untuk menjaga kebaikan bersama.

“Jadi, kita bisa membedakan mana nelayan tradisional di laut,” paparnya.

Acara sosialisasi gerai percepatan penerbitan pas kecil dihadiri Sekretaris Dinas Perhubungan Karimun, Danpos AL Buru, Kapolsek Buru, Camat Buru, dan kelompok nelayan. (enl)

Loading...