Pelabuhan Roro Parit Rempak, Kecamatan Mera.

batampos.co.id – Mulai April mendatang, jadwal keberangkatan kapal Roro dari Tanjungbalai Karimun ke Selat Beliah, Kundur, menjadi setiap hari. Kepastian diperoleh setelah Bupati Karimun Aunur Rariq bertemu Manajemen Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) belum lama ini.

Sebelumnya, kapal roro hanya melayani dua kali keberangkatan dalam sepekan. Melihat tingginya animo warga menggunakan jasa kapal roro untuk penyeberangan, menjadi alasan frekwensi keberangkatan ditambah.

Loading...

“Insha Allah, bulan depan (April, red), sudah bisa bertambah jadwal keberangkatan kapal roro menjadi setiap hari. Dan, kapal yang akan melayari rute ini sudah disiapkan yakni KM Kakap,” ungkap Aunur Rafiq Kamis (7/3/2019).

Dengan keberangkatan setiap hari, tentu semakin menghemat waktu dan biaya. Khususnya, bagi masyarakat yang datang ke Pulau Karimun atau sebaiknya, menggunakan kendaraan pribadi bisa pulang hari. Begitu juga dengan para pedagang yang memesan barang bisa langsung diangkut dengan truk atau mobil lainnya.

“Tentu kita harapkan, dengan keberangkatan kapal roro setiap hari dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” jelas Rafiq.

Di sisi lain, alur keluar masuk barang makanan, seperti sembako dari Pulau Karimun ke Kundur akan lebih mudah. Selama ini barang makanan memang diangkut menggunakan kapal juga, hanya saja untuk bongkar muat barang harus menunggu lagi.

“Nah dengan kapal roro, bisa diangkut menggunakan truk, dan langsung sampai ke gudang pemilik pedagang,” beberya.

Rencana keberangkatan kapal roro setiap hari sudah disampaikan langsung ke Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karimun. Selanjutnya langsung melakukan koordinasi dengan ASDP. Khususnya, untuk pembuatan izin trayek baru dan pengajuan tarif.

“Kita berharap pengurusan izin trayek bisa selesai sebelum akhir bulan. Sehingga bisa segera diproses, dan April sudah beroperasi” imbuh Rafiq. (san)

Loading...