f.tri haryono
Gedung SPAM IKK Karimun di Waduk Sentani yang segera dioperasikan.

batampos.co.id – PT Tirta Karimun segera mengoperasikan Sistem Penyediaan Air Bersih Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) Karimun. Menyusul pembangunan SPAM IKK Karimun di waduk Sentani melalui alokasi APBN tahun 2018 sebesar Rp16.657.353.000 telah rampung dikerjakan.

Dengan kapasitas 50 liter per detik di SPAM IKK Karimun, diyakini dapat mengaliri 3.000 pelanggan baru.

Loading...

“Memang pengerjaannya sudah selesai, tapi belum diserahterimakan kepada kita (PDAM Tirta Karimun, red). Yang pasti, informasi didapat serahterima dilaksanakan April mendatang,” kata Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo, Minggu (3/3/2019).

Apabila sudah diserahterima, kata Indra Santo, SPAM IKK Karimun segera dioperasikan. Air baku Waduk Sentani langsung diolah SPAM IKK, selanjutnya disalurkan ke pelanggan khususnya di wilayah Kecamatan Meral.

“Sekarang kita sudah merencanakan penambahan daya listrik di SPAM IKK Karimun. Sebab, kebutuhan listrik masih kurang mampu untuk mengoperasikan semuanya,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Indra Santo, daya listrik yang dimilikinya mencapai 66 KVA, dan akan dinaikan menjadi 197 KVA supaya bisa memaksimalkan operasional SPAM IKK Karimun, maupun yang ada di Sei Bati. Sehingga, bisa mendistribusikan air bersih kepada pelanggan baru nantinya.

“Sekarang kita sudah berkoordinasi kepada pihak PLN untuk penambahan daya listrik. Intinya, pembangunan infrastruktur dari APBN Pusat maupun APBD Karimun tahun lalu sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Indra. (tri)

Loading...