f.tri haryono
Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo saat ujicoba distribusi air baku Intake Waduk Sei Bati ke IPA Sei Bati, Rabu (27/2/2019).

batampos.co.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Karimun mulai melakukan uji coba pendistribusian air baku Waduk Sentani ke Instalasi Pengolahan Air (IPA) di waduk induk Seibati, Kecamatan Tebing, Rabu (27/2/2019). Menyusul, pembangunan Intake, dan jaringan air baku yang dibangun menggunakan APBD Karimun tahun 2018 seniali Rp3,7 miliar, telah rampung.

“Untuk antisipasi penyusutan debit air yang ada di Waduk Sei Bati, maka kita lakukan uji coba beberapa hari ini. Sebelum proses pinjam pakai pembangunan Intake aduk Sentani kepada pihak Dinas PUPR Karimun. Supaya bisa mengalirkan air baku langsung ke IPA di Sei Bati, dan didistribusikan kepada pelanggan,” jelas Direktur PDAM Tirta Karimun Indra Santo.

Sedangkan Kabag Teknik PDAM Tirta Karimun Gunawan mengatakan, pendistribusian air baku ke IPA Sei Bati berkapasitas 50 liter per detik. Uji coba sudah berlangsung dua kali dan tidak ada kendala. Pendistribusian menggunakan pipa transmisi sepanjang 4.5 kilometer.

“Hingga sekarang pasokan pelanggan air bersih tidak ada kendala. Anda bisa lihat sendiri di IPA Sei Bati, kondisi air jernih, dan bersih,” ungkapnya.

Sisi lain, PDAM tetap mengimbau kepada pelanggan agar melakukan penghematan penggunaan air bersih. Meski volume air baku milik PDAM Tirta Karimun masih mencukupi.

“Intinya, kedua waduk sudah bisa kita pergunakan sebagai pasokan air baku. Jadi, mesin pompa yang beroperasi bisa bergantian,” kata Indra.

Terpisah Kepala Dinas PUPR Karimun M Zulfan membenarkan, bahwa pihak PDAM Tirta Karimun pinjam pakai hasil pembangunan Intake dan jaringan air baku Sentani ke IPA Sei Bati lanjutan 2018 yang sudah selesai dikerjakan. Sehingga, pihaknya tidak keberatan untuk kepentingan publik.

“Benar, tidak ada masalah. Nanti juga kita serahkan kepada pihak PDAM Tirta Karimun, untuk dioperasikan secara maksimal,”
jawabnya. (tri)

Loading...