f.imam
Tampak panorama objek wisata Pantai Tok Abok, Desa Lubuk.

batampos.co.id – Satu lagi objek wisata pantai menjadi alternatif bagi warga Pulau Kundur untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Adalah Pantai Tok Abok, Desa Lubuk yang mulai ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Pantai Tok Abok, awalnya berupa semak belukar. Karena pesona alam yang tak kalah menarik dari pantai lainnya, membuat  keluarga Wiwin mulai membersihkan, dan mengelola pantai menjadi tujuan wisata.

Loading...

“Lahan pantai ini, memang milik orangtua kami. Dan sepuluh bulan lalu, kami mulai bersihkan, dan menjadikan tujuan wisata baru di Pulau Kundur,” ujar Pengelola Pantai Tok Abok, Wiwin, Minggu (24/2/2019).

Tumpukan batu-batu besar di tepi pantai menjadi daya tarik tersendiri. Dengan ditambah fasilitas jembatan kayu serta  pondok, membuat Pantai Tok Abok layak dikunjungi.

“Alhamdulillah, sekarang sudah tampak bersih. Bahkan setiap akhir pekan, maupun liburan, tempatnya selalu ramai,” kata Wiwin.

Sejumlah objek wisata yang dikelola secara swadaya masyarakat, juga banyak bermunculan. Seperti wisata Jembatan Mangrove di Parit Senang, Desa Sungai Ungar Utara. Hampir setiap akhir pekan, ramai pengunjung. Sayangnya, peran pemerintah melalui Dinas Pariwisata terhadap objek wisata di Pulau Kundur, dinilai belum maksimal.

“Objek-objek wisata yang ada, seperti wisata pantai, bukit, maupun hutan mangrove, banyak dikelola perorangan maupun swadaya masyarakat. Ini artinya, support dari pemerintah sangat diperlukan agar objek wisata tadi menjadi andalan bagi dunia pariwisata di Pulau Kundur,” tutur warga Kundur, Isman.

Sentuhan pemerintah terhadap objek wisata adalah membangun atau memperbaiki akses jalan. Jika tidak, objek wisata yang baru tumbuh bak mati suri, karena sepi pengunjung.

“Kalau tidak ada peningkatan fasilitas, bisa-bisa objek wisata baru tadi terlupakan. Oleh karenanya, peran pemerintah sangat diperlukan dalam meningkatkan dunia wisata di Pulau Kundur,” katanya.

Dari catatan, sejumlah akses jalan menuju objek wisata di Pulau Kundur terlihat rusak. Di antaranya, Pantai Gadingsari Kecamatan Kundur, Wisata Buket Patung, Kecamatan Kundur Utara, dan objek wisata Jembatan Hutan Mangrove Mangkuse Kecamatan
Kundur Barat yang jalannya masih berupa tanah merah.

Termasuk objek wisata Pantai Lubuk yang belum memiliki sarana penunjang. Sedangkan objek wisata yang sudah dikenal, dan perlu dikembangkan lagi adalah, Batu Limau, dan Pantai Lubuk. (ims)

Loading...