f.imam soekarno
Tumpukan sampah rumah tangga menumpuk hingga mekuber ke pinggir jalan dan menyebarkan bau tak sedap.

batampos.co.id – Sejumlah pengendara mengeluhkan tumpukan sampah menggunung di hingga memenuhi bahu jalan arah ke Tanjungsari, Kelurahan Gadigsari, Kecamatan Kundur. Mirisnya sampah rumah tangga tersebut sudah menebarkan bau kurang sedap sehingga sangat mengganggu masyarakat, terutama pengguna jalan.

 Wardi, 67, seorang pengendara yang melewati jalan tersebut mengatakan jika tumpukan sampah sudah lama terjadi. Bahkan setiap harinya terus bertambah, hingga berserakan memenuhi bahu jalan.

Loading...

Pengguna jakan merasa kurang nyaman saat melintas jalan tersebut karena sebagian sampah sudah menimbulkan bau kurang sedap. Sebaiknya pihak pemerintah kecamatan segera melakukan pembersihan di sekitar lokasi pembuangan sampah.

 “Kalau dilihat tumpukan sampah sudah lama, sayangnya belum ada upaya yang dilakukan dari dinas terkait. Karena di lokasi tidak ada imbauan tentang larangan membuang sampah sehingga banyak warga yang membuang sampah di tempat tersebut,” keluh Wardi, Kamis (7/2/2019).

Pantauan di lokasi, tumpukan sampah memenuhi jalan yang menghubungkan masyarakat Kelurahan Tanjungbatu menuju Kelurahan Gadingsari. Tumpukan sampah di bahu jalan sebelumnya terjadi di jalan Kebunpinang dekat kuburan Dagang Kpelurahan Tanjungbatu. Namun belakangan ini lokasi tersebut mulai bersih, sehingga diminta kesadaran masyarakat sendiri tidak membuang sampah di pinggir jalan.

Selain itu perhatian Pemerintah Kabupaten Karimun juga harus diperhatikan terutama penambahan kendaraan (truk) sampah hingga sekarang belum terealisasi. Bahkan sampai saat ini Kecamatan Kundur sendiri belum memiliki tempat penampungan akhir (TPA) sampah permanen alasan sulitnya mencari  lahan untuk dijadikan TPA. (ims)

Loading...