f.tri haryono
Para OPD di lingkungan Pemerintah Karimun mengikuti Bimtek penyusunan LPPD dengan harapan dapat meningkatkan kinerja.

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq menargetkan tingkat kinerja Pemerintah Kabupaten Karimun masuk 40 besar secara nasional di tahun 2020. Selain mengikuti bimbingan teknis penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun digesa untuk terus meningkatkan kinerja.

Pencapaian kinerja Pemerintah Kabupaten Karimun selama ini, terjadi turun naik di dalam peringkat nasional. Pada tahun
2014, tingkat kinerja Pemkab Karimun diurutan 61 nasional dari 395 kabupaten/kota. Kemudian tahun 2015, turun ke peringkat
178, namun kembali membaik di tahun 2016 dengan posisi 73.

Loading...

“Hingga saat ini, kinerja Pemda Kabupaten Karimun sudah baik. Namun dalam penyusunan LPPD untuk tahun 2018 yang
dilaksanakan tahun ini, semoga bisa ditingkatkan lagi. Karena target kita masuk rangking 40 besar secara nasional,” ungkap
Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat membuka Bimtek LPPD di gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Kamis (7/2/2019).

Komitmen kerjasama seluruh pimpinan OPD, maupun tim penyusun LPPD, dan penghubung, dapat dijaga. Terutama memahami tupoksi dengan baik, mulai dari perencanaan dan capaian-capaian yang bisa diukur nantinya. Sehingga realisasinya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karimun 2016-2021.

“Tegasnya, kinerja pemerintah melalui penyusunan LPPD terus menunjukkan grafik naik. Semoga target masuk 40 besar nasional bisa tercapai,” harap Rafiq.

Mengenai masih ada kinerja OPD yang mendapatkan rapor merah, Rafiq menegaskan akan melakukan evaluasi. Bahkan bisa saja kepala OPD tidak diberikan jabatan.

“Setiap Kepala OPD sudah membuat suatu perjanjian kinerja. Intinya, mereka diberi kebebasan memenej dinas atau badan secara maksimal dalam memberikan pelayanan publik. Kalau tetap tidak tercapai, ya bisa diganti kepala OPD tersebut,” tegas Rafiq. (tri)

Loading...