foto SANDI
Ikan duyung dengan panjang 340 cm ditemukan mati di pantai Leho, Kecamatan Tebing, Karimun.

batampos.co.id – Warga Kelurahan Teluk Uma dihebohkan dengan penemuan bangkai seekor ikan dugong di bibir pantai, Selasa (28/1/2019). Penemuan ikan dugong atau duyung pertama kali ini merupakan yang terbesar terdampar di tepi pantai Pulau Karimun.

“Yang pertama menemukan adalah nelayan setempat. Bahkan, videonya sempat diviralkan. Untuk itu, kita datang ke lokasi untuk melihatnya,” ujar Staf Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Karimun, Zainudin.

Loading...

Sementara Ince Muhammad Rizqan, petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Satker Tanjungpinang, Pengawasan Sumber Daya Keluatan dan Perikanan (PSDKP) Wilayah Kerja Tanjungbalai Karimun secara terpisah menyebutkan, setelah melakukan pemeriksaan dan pengukuran secara moformetrik diketahui jenis kelamin betina.

“Panjang ikan dugong yang mati di tepi pantai ini berukuran 340 cm atau 3,4 meter, paparnya.

Kemudian, kata Ince, lingkaran badan beridameter 187 cm. Lebar ekor 115 cm, lebar sirip 23 cm dan beratnya mencapai sekitar 400 kg. Jika melihat hasil pengukuran yang telah dilakukan, maka ikan duyung yang ditemukan mati di tepai pantai Leho, menjadi yang terbesar pernah ditemukan di Provinsi Kepri.

“Hasil pemeriksaan lainnya yang kita temukan bahwa kondisi ikan duyung yang mati ini sudah mengalami pembusukan tingkat lanjut. Artinya, pada bagian perut sudah pecah. Sehingga harus segera dilakukan penguburan atau ditanam,” jelasnya. (san)

Loading...