Pelabuhan Roro Parit Rampak, Kecamatan Meral.
foto triharyono

batampos.co.id – Mulai Februari 2019, angkutan kapal roll on roll off (Roro) dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungbuton, Riau, menggunakan tarif baru. Kenaikan tarif dikarenakan tidak ada lagi subsidi sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 124 Tahun 2018.

Untuk penumpang dewasa dari Rp55 ribu per orang menjadi Rp59 ribu per orang. Atau mengalami kenaikan Rp4 ribu. Sedangkan untuk kendaraan motor di bawah 250 cc, naik dari Rp149 ribu menjadi Rp160 ribu atau naik sebesar Rp11 ribu.

Loading...

Sementara mobil pribadi dikenakan tarif sebesar Rp1.152.000 atau naik sekitar Rp110.000. Hanya tarif untuk anak tidak mengalami kenaikan yakni tetap Rp38 ribu per orang.

“Salah satu alasan naiknya tarif kapal Roro, karena jalur pelayaran dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungbuton termasuk jalur komersil. Ini berdasarkan keterangan dari Kementerian Perhubungan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Karimun, Fajar Horison, Kamis (24/1/2019).

Selain itu, rata-rata tingkat penumpang yang menggunakan transportasi Roro di atas 60 persen. Ini juga menjadi acuan dari hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan.

“Pastinya, penetapan tarif baru sesuai hasil rapat bersama ASDP di Kota Batam baru-baru ini,” jelas Fajar.

Kepala Unit ASDP Tanjungbalai Karimun Muhammad secara terpisah membenarkan kenaikan tarif kapal Roro dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjungbuton, Riau.

“Penerapan tarif baru mulai berlaku per 1 Februari. Dengan adanya kenaikan ini, maka kapal Roro yang melayani penumpang dari Tanjungbalai ke Tanjungbuton sudah tidak ada subsidi lagi,”
jelasnya. (san)

Loading...