Perekaman e_KTP terganggu karena persediaan blanko di Disduk Capil kosong.
foto.tri haryono

batampos.co.id – Proses pencetakan E-KTP di Kabupaten Karimun kembali terhenti. Penyebabnya, blanko E-KTP sudah tidak ada lagi. Sehingga Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disduk Capil) tidak bisa lagi memproses permohonan penggantian E-KTP.

“Memang, blanko E-KTP sudah habis. Persediaan sudah tidak ada lagi karena setiap hari kita melakukan pencetakan E-KTP,” jelas Kepala Disduk Capil Karimun, M Tahar, Senin (14/1/2019).

Loading...

Kekosongan blanko E-KTP, sudah terjadi sejak awal Januari 2019. Terkait hal ini pihaknya sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan bersedia memberikan sebanyak 500 lembar.

Lantaran jumlah yang diterima dari Kemendagri sedikit, pihak Dinas Disduk Capil belum bisa menjemputnya. Karena dinilai tidak seimbang dengan biaya yang dikeluarkan untuk menjemput ke Jakarta.

“Maka kita tunggu saja sampai akhir bulan. Mudah-mudahan persediaan blanko E-KTP di Kemendagri bisa lebih banyak,” jelasnya.

Mengenai daftar tunggu pemohon E-KTP di Disduk Capil Karimun, tercatat sekitar 1.800 pemohon. Itu pun hanya pemohon pergantian karena E-KTP rusak. Termasuk pemohon pergantian karena perubahan status.

“Untuk sementara pemohon sudah dibekali surat keterangan (suket) masih dalam pengurusan dan berlaku layaknya E-KTP,” beber Tahar. (san)

Loading...