Objek Wisata Pantai Pelawan

batampos.co.id – Bagi pengunjung objek wisata bahari, Pantai Belawan, Kecamatan Meral Meral, harus kembali merogoh kocek untuk dapat masuk. Sebab, Pemerintah Desa Pangke telah menerbitkan Peraturan Desa nomor 3 tahun 2018 tentang pemberlakuan tarif masuk ke Pantai Pelawan.

Pemberlakuan tarif masuk sudah dimulai sejak 25 Desember 2018 lalu. Adapun tarif yang dikenakan bagi pengunjung, bervariasi.

Bagi pengunjung dewasa dikenai tarif masuk Rp2.000 per orang. Sedangkan anak-anak hanya dikenakan Rp1.000. Selanjutnya untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp2.000, roda empat Rp4.000, dan di atas roda empat dikenakan tarif Rp6.000 sekali masuk.

Begitu pula penggunaan fasilitas umum yang tersedia. Untuk pemandiaan umum dikenakan biaya Rp2.000 untuk dewasa, dan Rp1.000 untuk anak-anak. Termasuk penggunaan panggung, sekali pentas dikenakan Rp300 ribu, perkemahan Rp50 ribu, dan bagi pedagang luar yang ingin berjualan dipungut Rp20 ribu.

“Benar, mulai 25 Desember lalu kita berlakukan tarif masuk. Hasil retribusi atau pendapatan tadi kita manfaatkan untuk pengelolaan pantai, dan kas Desa Pangke Barat,” ujar Plt Kades Pangke Barat, Tamrin, kemarin.

Apabila ada petugas tidak menyerahkan bukti pembayaran atau tiket masuk, Tamrin mengimbau pengunjung untuk tidak bayar. Sejak diberlakukan tarif masuk, kondisi Pantai Pelawan mulai terawat. (tri)

Yuk Baca