f.dok nursali tuk batampos.
Rumah Suharni yang porak peranda diterjang hujan disertai angin kencang pada Rabu (26/12) dini hari kemarin.

batampos.co.id – Sebanyak tujuh unit rumah di Kecamatan Moro mengalami rusak akibat diterjang hujan disertai angin kencang, Rabu (26/12) sekitar pukul 01.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam bencana ini, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Hingga Rabu sore kemarin, warga mulai melakukan perbaikan kecil terhadap rumah mereka yang rusak diterjang puting beliung. Terutama memasang kembali atap rumah yang sempat diterbangkan angin. Sedangkan rumah warga yang mengalami rusak parah, masih didata untuk proses mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten.

Loading...

“Sudah ada warga yang mulai memperbaiki rumah mereka yang rusak ringan. Sedangkan untuk rumah yang rusak berat, kita masih lakukan pendataan untuk diproses mendapatkan bantuan dari pemerintah,” ujar Lurah Moro Timur, Mahfut melalui sambungan telepon.

Informasi yang diterima, untuk Kelurahan Moro Timur, terdapat dua unit rumah yang rusak akibat puting beliung. Sementara kerusakan juga melanda tiga unit rumah di Kelurahan Moro Barat, dan dua unit rumah lagi di Desa Jang.

Warga RT 001/RW 005 Kampung Rawamangun, Kelurahan Moro Timur, Suharni mengaku, hujan disertai tiupan angin kencang terjadi saat keluarganya masih terlelap. Takut terjadi sesuatu, Suharni pun bangun, dan sempat melihat cuaca di luar rumah.

“Saya bangun, takut terjadi sesuatu. Sementara di luar, hujan disertai angin semakin kencang, dan merusak atap rumah kami,” kata Suharni.

Pria yang bekerja sebagai nelayan tradisional ini pun sontak membangunkan seluruh keluarganya untuk berjaga-jaga. Khawatir bila kemungkinan amuk angin merubuhkan rumah mereka.

“Saya langsung bangunkan keluarga, takutnya rubuh pula rumah kami,” katanya.

Selain rumah Suhar, kejadian serupa juga menimpa enam unit rumah lainnya akibat guyuran hujan disertai puting beliung. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai hingga ratusan juta rupiah. (enl)

Loading...