batampos.co.id – Dalam rangka memperingati hari Pahlawan Sabtu (10/11), Sekolah Dasar Negeri (SDN) 001 Meral mengadakan, pawai budaya yang diikuti 320 pelajar dari kelas I sampai kelas VI. Yang sebelumnya, dilaksanakan upacara terdahulu dengan menaikan bendera merah putih.

“Tujuannya, untuk mengenang para pahlawan kita yang gagah berani, rela berkorban untuk membela tanah air Indonesia tercinta. Dan melalui pawai budaya inilah, para pelajar dikenalkan bahwa pahlawan kita berasal dari berbagai suku bangsa,” kata Kepala Sekolah SDN 001 Meral Neneng Rohani, kemarin (11/11).

Sehingga, momentum tersebut bisa membangkitkan jiwa patriotisme bagi anak-anak sejak dini. Artinya, generasi muda harus tetap mencintai NKRI dengan mempunyai rasa tanggungjawab terhadap dirinya kepada nusa dan bangsa melalui bidang pendidikan. Dan kegiatan ini sudah kali kedua dilaksanakan, dengan demikian bisa diimplimentasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selain murid-murid, ikut serta juga para guru, staff tu, wali siswa dan pihak Polres Karimun dan Polsek Meral yang mendukung kegiatan pawai budaya,” ujarnya.

Selam kegiatan pawai budaya, pihaknya juga mengadakan fashion show bagi para pelajar. Supaya, bisa beranai tampil diatas panggung yang ditonton oleh para teman-temannya, guru, maupun wali murid. Dengan demikian, berbagai kegiatan dalam memperingati hari Pahlawan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

“Kegiatan ini juga sekaligus menjalin talisilaturahmi antar wali murid. Dengan semangat kebersamaan, sebagai dukungan moril terhadap anak didik untuk tetap mencontoh para pahlawan kita,” ungkapnya.

Pantauan dilapangan, para pelajar dengan menggunakan berbagai baju adat nusantara semangat mengikuti pawai. Ada yang membawa gambar pahlawan, maupun berbusana carnival dengan berbagai corak warna warni sehingga bagi warga yang melihatnya menjadi kagum.(tri)