ilustrasi

batampos.co.id – Desa-desa yang ada di Kabupaten Karimun akan menerima tambahan dana pada tahun depan. Khususnya, dari pemerintah pusat yang telah menambah dana desa (DD) 42 desa. Jumlah total DD yang akan diterima Kabupaten Karimun sebesar Rp41,8 miliar.

”Memang, untuk tahun DD untuk Kabupaten Karimun mengalami kenaikan sekitar Rp6,4 miliar. Karena, berdasarkan DD yang diterima pada tahun ini sebesar Rp35,4 miliar dan pada tahun depan sebesar Rp41,8 miliar. Tentunya dengan adanya kenaikan DD untuk Kabupaten Karimun, maka setiap desa juga akan bertambah DD yang akan diterima dibandingkan tahun ini,” ujar Kerpala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Karimun, Suwedi kepada Batam Pos, Sabtu (10/11/2018).

Loading...

Jika tahun ini, kata Suwedi, rata-rata satu desa di Kabupaten Karimun mendapatkan Rp800 juta sampai Rp900 juta. Tapi, dengan adanya tambahan sekitar Rp6,4 miliar maka tidak menutup kemungkinan satu desa akan mendapatkan Rp1 miliar sampai dengan Rp1,1 miliar. Selain itu, yang mengalami kenaikan juga alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Karimun pada tahun depan.

”Jika dalam APBD 2018 ADD untuk 42 desa totalnya sebesar Rp49,1 miliar. Tapi, untuk tahun depan sesuai dengan ketentuan peratyran yang berlaku maka akan mengalami kenaikan menjadi Rp58,7 miliar. Tentunya, untuk penggunaan DD dan ADD itu berbeda. Jika DD itu peruntukannya untuk meningkatkan dan memajukan desa. Sedangkan, ADD sendiri merupakan anggaran yang digunakan untuk membayar penghasilan kepala desa bersama perangkatnya. Termasuk juga untuk membayar insentif Ketua RT dan RW,” paparnya.

Dalam tiga tahun terakhir, lanjut Suwedi, dengan menggunakan Dana desa jumlah jalan di desa sudah semakin banyak. Data dari 2015 sampai dengan 2017 tercatat jalan desa yang sudah terbangun menggunakan DD sepanjang 49.123 meter. Kemudian, untuk pembangunan dermaga atau jembatan sepanjang 93 meter.

Dana desa akan memberikan kemajuan pada suatu desa. Apalagi, saat ini semua desa sudah memiliki BUMDes. (san)

Loading...