batampos.co.id – Kelurahan Tanjungbalai menggelar penggalangan donor darah, Minggu (4/11) lalu. Program Kelurahan Tanjungbalai Peduli ini, bertujuan menyuburkan rasa kepedulian terhadap sesama sekaligus membantu PMI dalam penyediaan stok darah.

Lurah Tanjungbalai, Azrizal mengatakan, program Kelurahan Tanjungbalai Peduli merupakan bentuk kepedulian warga terhadap sesama. Terkhusus kepada pasien rumah sakit yang membutuhkan darah.

“Kita harapkan warga semakin peka terhadap kondisi lingkungannya. Seperti melalui program Kelurahan Tanjungbalai Peduli,” kata Azrizal di Posyandu Cempaka, Bukit Senang, Tanjungbalai Karimun.

Penggalangan donor darah telah melalui proses sosialisasi. Tujuannya, meyakinkan warga bahwa hal tersebut tidak berpengaruh terhadap kesehatan bagi pendonor.

“Kita sudah sosialisasikan, bahwa donor darah ini justru menyehatkan. Selain itu juga membantu orang yang membutuhkan,” katanya.

Pprogram Kelurahan Tanjungbalai Peduli sejatinya tidak menargetkan berapa kantong darah yang terisi penuh. Kendati demikian, partisipatif warga dalam mendonasikan darahnya ternyata cukup tinggi.

“Baru beberapa jam sudah 20 kantong terkumpul. Padahal kita tidak targetkan berapa kantong yang terkumpul, dan selanjutnya kita serahkan ke PMI Karimun,” bebernya.

Sementara Camat Karimun, Arpan mengatakan pememerintah daerah sangat mengapresiasi trobosan dari sang Lurah. Menurutnya terobosan yang dilakukan Azrizal merupakan inovatif baru kali pertama dilakukan oleh lurah.

“Sepanjang Karimun ini berdiri menjadi sebuah kabupaten, baru kali ini digelar donor darah oleh Lurah. Ini sangat bagus sekali, pemerintah daerah sangat mengapresiasi program ini,” kata Arpan.

Arpan juga mengharapkan, adanya inovasi-inovasi baru yang diciptakan oleh kelurahan masing-masing sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing desa maupun kelurahan. (enl)