batampos.co.id – Sebanyak 173 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Karimun absen dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) berbasis Computer Asissted Test (CAT) di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (3/11) dan Minggu (4/11). Karena tidak mengikuti salah satu tahapan, CPNS yang tidak mengi-kuti ujian tersebut dinyatakan gugur.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKD SDM) Kabupaten Karimun, MS Sudarmadi me-ngatakan, dari 2.624 pelamar yang lulus seleksi administrasi, hanya 2.451 orang yang mengikuti ujian SKD. ”Pada hari pertama, 73 orang tidak hadir,” ujar Sudarmadi, kemarin.

Di hari kedua, jumlah peserta yang absen bertambah banyak. Yakni 100 orang. Rinciannya pada sesi pertama 27 orang, sesi kedua 34 orang, dan pada sesi ketiga dan keempat 39 orang.

Dengan demikian, jumlah yang tidak hadir ikut ujian CPNS sebanyak 173 orang. ”Yang mengikuti ujian hanya 2.451 orang,” sebutnya.

Menyinggung tentang jumlah peserta yang sudah dinyatakan lulus SKD, Sudarmadi mengaku belum mendapatkan data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

”Kita belum mengetahuinya, datanya masih dipegang oleh BKN. Yang jelas, untuk saat ini 173 orang sudah pasti tidak lulus karena tidak mengikuti ujian,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, BKN baru akan memberikan hasil ujian sekaligus menyampaikan waktu pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada Senin (5/11). Dia mengingatkan agar peserta yang berhak mengikuti SKB agar tidak membawa ponsel dan memakai jam tangan.

”Kalau ketahuan akan lang-sung didiskualifikasi. Pemeriksaan terhadap peserta ujian juga melibatkan unsur kepolisian menggunakan alat deteksi metal,” ungkapnya. (san)