Bupati Karimun Aunur Rafiq (kanan) didampingi Kepala Disduk Capil M Tahar (dua kanan) menyaksikan penandatanganan kerja sama data kependudukan, kemarin.
F. SANDI PRAMOSINTO/BATAM POS

batampos.co.id – Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Karimun melakukan kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimun, Kamis (1/11). Kerja sama tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan validasi data kependudukan di Karimun .

”Empat OPD yang melakukan kerja sama tersebut, yakni Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), RSUD M Sani, Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) dan Dinas Perdagangan.

Masing-masing OPD mempunyai kebtuhan sendiri-sendiri berkaitan dengan data penduduk. Misalnya, Bapenda memerlukan data penduduk yang valid untuk pendataan PBB,’’ ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada Batam Pos, kemarin.

Dengan adanya kerja sama empat OPD dengan Disduk Capil tersebut, Aunur berharap data kependudukan yang valid akan semakin mudah didpat. Hal ini sejalan dengan sistem pendataan pendudukan sudah semakin baik. Salah satunya menghapus atau mengurangi kepemilikan identitas ganda.

”Kerja sama ini tidak terikat hanya dengan instansi pemerintah. Pihak swasta, seperti perbankan juga bisa melakukannya,” bebernya.

Kepala Disduk Capil Kabupaten Karimun, M Tahar menyebutkan, akses data kependudukan bisa dilihat oleh empat OPD yang telah melakukan kerja sama.

”Tapi bukan data yang bersumber langsung dengan data yang ada di pusat. Tapi data yang memang sudah kita siapkan. Misalnya, nomor induk kependudukan (NIK). Karena, untuk saat ini untuk NIK di Kabupaten Karimun 90 persen yang sudah terekam, tidak ganda lagi,’’ paparnya.

Untuk perangkat, lanjut Tahar, masing-masing OPD yang menjalin kerja sama yang menyiapkan. Pihaknya, hanya memberikan daftar perangkat apa saja yang dibutuhkan.(san)