batampos.co.id – Kapal Motor (KM) Lily Jaya tenggelam setelah tersapu gelombang saat berpapasan dengan kapal tanker di Perairan Selat Durian, Moro, Karimun, Senin (29/10). Meskipun tak ada korban jiwa, kejadian tersebut menyebabkan kerugian hingga Rp 10 juta.

“Kejadian itu di titik koordinat N 01°02’34”-E 103°39’695,” kata Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga, Senin (29/10).

Erlangga mengatakan, nakho-da bersama tiga orang anak buah kapal (ABK) diselamatkan Kapal Patroli 1002 Direktorat Polisi Perairan Polda Kepri yang kebetulan berada di sekitar perairan tersebut. “Dibantu kapal penumpang Batam Jet juga,” imbuhnya.

Dari penuturan Khairun, 34, selaku Nakhoda KM Lily Jaya ke polisi, ia berangkat dari Tanjung Samak, Riau menuju Batam. Kapal yang memuat janur serta kelapa muda ini berusaha mengelak saat melihat kapal tanker.

Tapi naas, kapal tanker tersebut melaju kencang sehingga menimbulkan gelombang besar yang menyebabkan kapal terbalik.

“Evakuasi kapal sedang dilakukan,”ujar Erlangga.

Ia mengimbau kepada pelaku pelayaran agar selalu berhati-hati dan siaga. Karena kejadian yang tidak diinginkan, bisa terjadi cepat. “Apabila berpapasan dengan kapal besar cepat menjauh,” tutupnya.(ska)