batampos.co.id – Ujian kompetensi dasar Ca­lo­n Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Pemerintah Kabupaten Ka­rimun akan digelar Sabtu (3/11) dan Minggu (4/11) peka­n de­pan di Tanjungpinang. Para pe­serta masih memiliki waktu untuk belajar soal ujian Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Badan Kepegawaian Da­erah dan Sumber Daya Manu­sia (BKD SDM) Kabupaten Kar­­imun, MS Sudarmadi me­ng­a­takan, dengan sistem ini pe­lamar yang telah mengerjakan soal bisa melihat langsun­g nilainya. Karena sistem CAT ini meggu­nakan penilaian langsung.

’’Sesuai pemberitahuan yang disampaikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada kita, selain menggunakan CAT juga akan menggunakan live score, penilaiannya dapat dilihat oleh peserta,” ungkapnya.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi keahlian dasar (SKD) bisa melanjutkan seleksi keahlian bidang (SKB). Untuk nilai ambang batas minimal masing-masing kriteria sudah ditentukan.

Seperti untuk hasil tes karakteristik pribadi (TKP) nilai minimalnya 143 yang harus diperoleh peserta ujian.

”Kemudian, tes intelegensia umum (TIU) nilai minimalnya 80 dan tes wawasan kebangsaan (TWK) nilai minimal untuk lolos adalah 75,” bebernya.

Artinya, jika hasil tes untuk ketiga kriteria tersebut di bawah ambang batas sudah tentu tidak lolos. Apalagi, persaingannya cukup ketat jika melihat jumlah peserta yang bakal ikut ujian.

”Pesertanya mencapai 2.466 orang, sedangkan formasinya hanya 227. Untuk ujian SKB sendiri belum ada keterangan lebih lanjut dari BKN. Yang jelas, setelah selesai ujian SKD baru akan diumumkan jadwal ujian SKB,’’ jelasnya.

Begitu juga, lanjut Sudarma­di­, satu orang peserta cumlau­d­e yang melamar CPNS Pemka­b Karimun. Peserta wajib lolos ni­lai ambang batas.

”Tidak be­rarti dengan formasi yang suda­h dilamar dan hanya satu-satunya pelamar sudah otomatis lulus,” ungkapnya.
Untuk me­ng­e­tahui lebih banyak persyarat­an ujian CPNS, peserta bisa la­ngsung membuka situs bkdka­ri­mun.com.

”Di situs itu kita in­formasikan secara detil apa saja yang harus dilakukan,” tutupnya. (san)