batampos.co.id – Satlantas bersama Seksi Propam Polres Karimun melakukan pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan bermotor (ranmor) yang digunakan anggota Polres Karimun di depan Mapolres Karimun, Kamis (25/10). Hasilnya, dua orang anggota polisi tidak melengkapi surat kendaraan. Kedua oknum tersebut kemudian diberikan surat teguran.

”Kami melaksanakan pemeriksaan ranmor dan surat kelengkapan anggota sebagai salah satu bentuk pembinaan ke dalam. Hal ini dilakukan menjelang Operasi Zebra Seligi 2018 yang akan dilaksanakan pada akhir bulan ini,’’ ujar Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku Fazrial Kenedy kepada Batam Pos, kemarin.

Kelengkapan ranmor yang digunakan anggota polisi juga harus lengkap sebelum pihak kepolisian melakukan operasi ke masyarakat.

Pantuan di lapangan, anggota yang hendak masuk kantor harus melalui pemeriksaan anggota Satlantas dan Propam.

Disinggung razia di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Tanjungbalai Karimun, Kenedy menyebutkan, setelah pemeriksaan internal dilakukan, khusus anggota di jajaran Satlantas melakukan razia terhadap sepeda motor yang digunakan masyarakat.

”Hasilnya, ada 37 sepeda motor yang kita berikan surat tilang karena tidak membawa kelengkapan surat ketika mengemudikan sepeda motor,” jelasnya.

Rinciannya, lanjut Kenedy, tidak memiliki SIM ada tujuh surat tilang, tidak membawa STNK 25 surat tilang, dan sepeda motor yang tidak sesuai standar ada lima surat tilang.

“Untuk STNK ini memang salah satu yang sering ditemukan. Dia berharap kepada masyarakat yang mengemudikan ranmor untuk selalu melengkapi kendaraan yang dibawanya dan sekaligus membawa STNK dan SIM,” tutupnya.(san)