Bupati dan Wakil Bupati Karimun memperingati Hari Santri Nasional (HSN) memberikan santunan.

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun memperi­ngati Hari Santri Nasional (HSN) ke-3 yang dipusatkan di Pondok Pesantren (Ponpes) Mahad Tahfizul Quran Atthohiriyah, Kecamatan Moro, Sabtu (20/10) lalu. Berbagai kegiatan dilaksa-nakan, mulai dari perlombaan hifzhil Quran, pidato tiga bahasa, kaligrafi, karya tulis ilmiah, hingga drama islami.

”Peserta yang mengikuti kegi­a­t­an ini mencapai 343 santri da­­ri ponpes seluruh Karimun. S­elain mengikuti perlombaan, kegiatan ini dimanfaatkan untu­k menjalin tali silaturahmi antarsantri,’’ ujar Kabag Kesra Karim­un Irwan Dinovri, Senin (22/10).

Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim bersama rombongan hadir di malam penutupan. Dalam amanah yang disampaikan Bupati Karimun yang juga sebagai bapak santri, berpesan agar orangtua bisa memasukkan anaknya ke ponpes yang ada di Karimun.

”Anak-anakku sekalian, kalian sebagai generasi penerus harus bisa membentengi diri dari pengaruh negatif yang terus masuk ke negeri kita tanpa batas. Dengan masuk ponpes inilah, kalian harus bisa terus menggali ilmu agama sebagai bekal masa depan,’’ pesan Rafiq yang baru meraih gelar doktor ini.

Ia juga meminta para santri un­tuk terus meningkatkan ku­alitas pendidikan, sehingga bi­sa bersaing dengan pendidi­kan formal lainnya. Sebab, saat ini santri yang jebolan dari ponpes di Kabupaten Karimun sudah membuktikan telah menorehkan prestasi baik di bidang agama maupun lainnya.

”Hafiz dan hafizah di Kabupaten Karimun setiap tahunnya bertambah dan berkembang. Ini berarti kita mendapatkan hidayah dari Allah SWT untuk menjaga Alquran tidak akan berkurang di Kabupaten Karimun maupun di Provinsi Kepri,” ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, Rafiq didampingi wakilnya menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba, yang dilan-jutkan dengan penyerahan santunan kepada anak yatim serta lima warga Kecamatan Moro yang tertimpa musibah angin puting beliung dan kebakaran.

Selain itu , Rafiq juga memberikan umrah gratis kepada guru Ponpes Ma’had Tahfizul Qur’an Atthohiriyah Fariadi Al Hafiz.(tri)