Bupati Karimun Aunur Rafiq salaman kepada peserta pelatihan BBPLK Serang sebanyak 28 orang. (F.Humas Pemkab Karimun/ Batam Pos)

batampos.co.id – Bupati Karimun Aunur Rafiq, Kamis (18/10) menyempatkan diri berkunjung ke Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang. Melihat langsung, 28 orang yang sedang mengikuti pelatihan hampir selesai dan akan kembali ke Karimun. Dalam pemberian motivasi tersebut, Rafiq menyampaikan agar bisa memberikan kontribusi kedaerah setelah mendapatkan keahlian di BBPLK Serang.

” Saya berharap, saudara-saudara bisa memanfaatkan hasil pelatihan ini sebagai bekal untuk melamar pekerjaan. Kalau dilihat, pelatihan ini sangat cocok dibidang industri yang ada di Karimun maupun di Kepri,” kata Rafiq didampingi kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kabupaten Karimun Hazmi Yuliansyah.

Selain itu, para peserta pelatihan akan mendapatkan uang saku dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun. Sehingga, dapat dipergunakan seperlunya untuk mencari kerja maupun buka usaha. Dengan mendapatkan keahlian selama pelatihan, bisa menjadi bahan untuk membangun ekonomi sendiri maupun keluarga.

” Nah, nantikan mendapatkan sertifikat bisa dipergunakan untuk pendukung melamar pekerjaan. Atau bisa membuka usaha dengan keahlian sesuai bidang pelatihan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kabid Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Karimun Harlita mengungkapkan, jumlah kuota yang diberikan oleh BBPLK Serang sebelumnya hanya 16 kuota, namun dalam beberapa waktu lalu pihaknya dihubungi oleh penyelenggara pelatihan bahwa ada penambahan kuota menjadi 28 orang.

” Mereka setelah dilakukan tes, maka langsung diberangkatkan. Sedangkan, lamanya pelatihan tergantung jurusan dan paling lama 2 bulan,” terangnya, kemarin (19/10).

Sedangkan, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang untuk dua jurusan yaitu teknis listrik dan las. Untuk jurusan listrik dibagi dua program yaitu program listrik industri dan operator otomatis PLC, kemudian jurusan las ada tiga juga yaitu juru las 1 Gas Metal Arc Welding (GMAW), juru las 1 Flux Core Art Welding (FCAW) dan Shielded Metal arc Welding (SMAW).

” Insya Allah, tahun depan kita lobi menambah kuota pelatihan untuk masyarakat Karimun,” tuturnya.(tri)