Beginilah kondisi Pustu di teluk Radang, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri

batampos.co.id – Masyarakat desa Teluk Radang Kecamatan Kundur Utara mendesak pemerintah Karimun segera membangun gedung puskesmas pembantu (Pustu) yang kondisi bangunan rusak parah.

Ironisnya bangunan Pustu di desa Teluk Radang sekarang atapnya bocor, plafon juga jebol hingga kini belum ada perbaikan.

Sementara keberadaan Pustu tersebut cukup membantu masyarakat setempat mengingat jarak tempuh menuju puskesmas cukup jauh.

Seperti disampaikan Ngadino warga tempatan kepada Batam Pos Rabu (17/10) menuturkan, tentang kondisi bangunan Pustum yang ada sekarang cukup memprihatinkan.

Dikatakan kondisi bangunan ditumbuhi rumput dan semak belukar, plafon triplek banyak yang jebol, atap sengnya juga sudah bocor dan karatan.

Sedangkan keberadaan Pustu ini satu-satunya fasilitas kesehatan bagi masyarakat pedesaan. Dalam hal ini kami harapkan perhatian pemerintah Karimun maupun dinas terkait.

“Bangunan Pustu yang ada di desa kami ini sangat membantu warga masyarakat, sayangnya dalam beberapa tahun ini kondisi bangunanya sudah rusak. Hal ini menyebabkan pelayanan kesehatan warga masyarakat juga kurang memadai, karena warga harus pergi jauh untuk sekedar berobat ke puskesmas,”kata Ngadino.

Diakuinya warga sendiri sudah berulang kali mengusulkan melalui musyawarah rencana pembangunan ( musrenbang) segera dibangun geudng Pustu yang memadai. Sayangnya hingga sekarang usulan yang pernah disampaikan tidak pernah ditanggapi bahkan sampai kondisi bangunan pustu rusak parah nggak belum ada diperbaiki. Lebih lanjut dikatakan keberadaan pustu selama ini sangat membantu masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Bahkan masyarakat sendiri merasakan dengan pelayanan kesehatan dari petugas pustu tersebut.

Ngadino juga mengatakan warga sangat berharap agar bangunan Pustu yang rusak segera diperbaiki. Mengingat warga sangat kesulitan saat hendak berobat menuju puskesmas yang lokasinya cukup jauh. Masyarakat berharap agar bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. (ims)