ilustrasi

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun saat ini sedang proses pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk 14 Parpol peserta Pemilu. Termasuk untuk dua calon Presiden dan Wakil Presiden yang beberapa waktu telah menyerahkan desain kepada KPU.

“APK yang kita fasilitasi masih dalam proses. Bila ingin mencetak APK kita persilahkan, sesuai dengan desain yang diserahkan ke KPU maupun desain sendiri. Asalkan tidak mengarah dengan konten negatif yang merugikan peserta pemilu lainnya,” jelas Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, kemarin (10/10/2018).

Karena APK yang difasilitasi oleh KPU untuk setiap Parpol termasuk dua tim kampanye Presiden dan Wakil Presiden, serta DPD hanya 10 lembar baliho dan 12 lembar spanduk.

Dengan ukuran untuk baliho 4 meter kali 5 meter, kemudian untuk spanduk sendiri 1,2 meter kali 6 meter. “Untuk APK tambahan yang dibuat oleh peserta Pemilu kita batasi untuk baliho lima lembar dan spanduk 10 lembar masing-masing desa,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, hingga saat ini belum ada peserta pemilu yang memasang APK dititik-titik yang telah ditentukan. Mereka umumnya melakukan sosialisasi di media sosial (medsos).

“Masih jauhlah, kami manfaatkan medsos saja untuk promosi dulu. Sambil menunggu desain yang cukup menarik untuk dicetak, mulai dari kartu nama hingga pernak pernik yang unik,” kata salah seorang caleg asal Karimun.(tri)